Jumat, 11 Desember 2015

sehat




“ SEHAT “
Selasa, 24 November 2015

Sehat adalah keadaan dimana bagian pada tubuh melakukan kinerjanya secara normal, tanpa rasa susah sesuai fungsi masing-masing. Dengan tubuh sehat seseorang akan dengan nyaman ketika duduk, nyaman dan nyenyak saat tidur. Dengan tubuh sehat seseorang akan bangun tidur dengan bugar, sekalipun bagi kaum2 santri yang harus didatangi air saat harus bangun, tapi tubuh ketika sudah bangun pun terasa bugar. Kesehatan adalah nikmat dunia yang sangat banyak manfaatnya. Dengan tubuh yang sehat, seseorang akan ringan beraktifitas. Pepatah mengatakan, kesehatan memang bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan segalanya bukanlah apa-apa.
Dalam bahasa arab, kata sehat terambil dari kata ash-Shihah, yang berarti terbebas dari penyakit, keadaan baik. Kata ash-shihah memang tidak dtemukan dalam al-Qur’an,akan tetapi dalam hadis, kata ini sering digunakan oleh Rasulullah. Salah satu hadis beliau adalah,
نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس الصحة والفراغ  { رواه البخا رى }
Banyak manusia merugi karena dua nikmat, kesehatan dan waktu luang ( HR. Bukhori )
Demikian juga kata al-‘Afiyat, yang sering disambungkan dengan kata ash-Shihah, al-‘Afiyat pun tidak akan ditemukan dalam al-Qur’an, akan tetapi, bukan berarti tak ada tuntunan dalam al-Qur’an tentang pentingnya kesehatan tubuh.  Jika kita merujuk pada rumusan yang diberikan para ahli tentang kesehatan, akan kita temui term dalam al-Qur’an mengenai kesehatan. Dalam UU tentang kesehatan, no. 23 tahun 1992, pasal 1, mendefinisikan kesehatan dengan keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Salah satu ayat al-Qur’an adalah yang berbicara tentang obat, yang sangat berkaitan erat dengan kesehatan.termaktub dalam al-Qur'an surat yunus : 57

 Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.

            Dan madu adalah merupakan obat bagi fisik yang tersebut dalam al-Qur’an, tersebut dalam surat an-Nahl: 69 yang artinya  :
 
kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.


Seseorang harus hidup sehat, karena produktivitas dan kualitas hidup seseorang juga ditentukan oleh kesehatanya. Dan yang pasti, kesehatan disini meliputi kesehatan jasmani dan rohani. Dahulu kita kenal istilah akal yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat,  akan tetapi belakangan ilmu kedokteran menemukan bahwa, tubuh yang sehat terdapat pada akal yang sehat. Pengaruh kekuatan ruhani dan optimisme dalam diri adalah faktor penting dalam kesehatan tubuh. Tentang menjaga kesehatan tubuh, dalam  al-Qur’an dijelaskan beberapa tuntunan, antara lain :
·         Mengkonsumsi makan yang bergizi
·         Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang berbahaya
·         Tidak makan dan minum yang berlabihan/isrof
·         Istirahat yang cukup,karena alloh menciptakan siang dan malam salah satunya adalah agar manusia dapat memanfaatkan waktu denan tepat. Siang untuk bekerja, mengais rezeki dan sebagian malam untuk istirahat dengan tenang.
Demikian kultum yang dapat disampaikan, kiranya masih banyak kekurangan dari yang penulis paparkan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar